Analisis Rantai Nilai

Rantai Nilai adalah semua hal yang terjadi di organisasi Anda yang memberi nilai tambah bagi pelanggan Anda.

Apakah bisnis Anda itu untuk profit atau non profit, akan memiliki rantai nilai —sejumlah aktivitas yang menciptakan nilai.

Ada empat bidang utama pada Rantai Nilai:

Operasi
Produksi
Pemasaran
Penjualan

Operasi adalah semua hal yang Anda lakukan di belakang kantor:
sumber daya manusia,
akuntansi,
penggajian,
pelatihan dan banyak lagi.

Produksi adalah apa yang Anda lakukan untuk menghasilkan nilai apa pun yang Anda ciptakan untuk pelanggan Anda.

Operasi dan produksi dikenal sebagai kegiatan hulu yang memberi kontribusi terhadap penciptaan nilai yang Anda tawarkan. Kegiatan ini biasanya adalah pusat biaya, karena aktivitasnya membutuhkan biaya dan biasanya berada di awal rantai pasokan Anda.

Pemasaran dan Penjualan di sisi lain juga bisa menghasilkan nilai bagi pelanggan Anda, namun nilai tersebut diterima pelanggan sebagai tambahan begitu mereka menerima nilai inti dalam melakukan bisnis dengan Anda. Pemasaran dan Penjualan dikenal sebagai kegiatan hilir dan biasanya didorong oleh pendapatan.

Pemasaran adalah bagaimana Anda memberi tahu orang-orang tentang hal-hal yang Anda lakukan dan hal-hal yang Anda tawarkan.

Penjualan adalah bagaimana Anda benar-benar mengantarkan/ mengirimkan produk atau layanan Anda.

Setiap area memiliki beberapa sub aktivitas yang mencakup semua hal yang Anda lakukan di organisasi Anda. Bergantung pada bagaimana struktur organisasi Anda tersusun, beberapa aktivitas mungkin tumpang tindih dengan semua area fungsional.

Setelah Anda merinci semua aktivitas yang berbeda yang mencakup organisasi Anda, Anda dapat mengidentifikasi apa yang dapat ditingkatkan: Biaya dapat dikurangi atau pendapatan dapat ditingkatkan.

Anda juga bisa bertanya pada diri sendiri: Apakah bisnis saya menciptakan nilai yang cukup untuk tetap kompetitif? Proses mana yang paling bernilai dan mana yang tidak?

Jumlah dari aktivitas ini adalah nilai total yang Anda berikan kepada pelanggan Anda dan dapat digunakan sebagai alat untuk menciptakan keunggulan kompetitif.

Semakin Anda menciptakan nilai, semakin menguntungkan Anda. Dengan memperbaiki rantai nilai, Anda akan meningkatkan keuntungan dan menciptakan lebih banyak dampak.

Alat yang berguna untuk menganalisis rantai nilai adalah Business Model Canvas. Ini memecah rantai nilai dan model bisnis Anda menjadi sembilan area fungsional.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s