Apa yang Anda lakukan?

Misi adalah pernyataan yang mendefinisikan maksud atau alasan utama individu/organisasi ada. Misi berbicara apa yang dilakukannya. Menurut P. Drucker, sebuah misi adalah panduan utama dalam menciptakan rencana, strategi atau membuat keputusan setiap hari. Ini adalah alat komunikasi penting yang menyampaikan informasi tentang produk, layanan, target pelanggan, pasar geografis, filosofi, nilai dan rencana organisasi untuk pertumbuhan di masa depan kepada semua pemangku kepentingannya. Dengan kata lain, setiap alasan utama mengapa perusahaan ada harus tercermin dalam misinya, sehingga setiap karyawan, pemasok, pelanggan atau masyarakat akan memahami kekuatan pendorong di balik operasional organisasi.

Mengapa Misi itu Penting?

Beberapa penelitian menemukan hubungan positif antara pernyataan tertulis dan kinerja organisasional yang lebih tinggi. Beberapa manfaatnya:

1) Menginformasikan pemangku kepentingan organisasi tentang rencana dan sasarannya;
2) Menyatukan usaha karyawan dalam mengejar tujuan perusahaan;
3) Berfungsi sebagai alat hubungan masyarakat yang efektif;
4) Menyediakan dasar untuk mengalokasikan sumber daya;
5) Panduan pembuatan keputusan strategis atau harian;
6) Menunjukkan bahwa perusahaan itu proaktif.

Jenis Pernyataan Misi

1. Misi yang berorientasi pelanggan

Misi yang berorientasi pelanggan menentukan tujuan organisasi dalam hal memenuhi kebutuhan pelanggan atau memberikan solusi bagi pelanggan. Misi jenis ini memberikan fleksibilitas lebih dari pada misi yang berorientasi produk dan dapat dengan mudah disesuaikan dengan perubahan lingkungan. Misalnya, pernyataan Nokia “connecting people” adalah customer-oriented. Ini tidak fokus pada ponsel atau smartphone saja. Ini memberikan solusi untuk kebutuhan pelanggan dan dapat dengan mudah berhasil 50 tahun yang lalu, dan akan terus berlaku di masa depan. Dengan demikian memberi fleksibilitas strategis bagi perusahaan.

2. Misi yang berorientasi produk

Misi jenis ini fokus pada produk atau layanan apa yang akan diberikan daripada solusi apa yang harus diberikan kepada pelanggan. Fleksibilitasnya lebih kecil bagi perusahaan, karena kebanyakan produk memiliki siklus hidup pendek dan menawarkan perluasan pasar terbatas. Perusahaan yang mendefinisikan bisnisnya sebagai “menyediakan produk asuransi kesehatan terbaik” mungkin berjuang untuk tumbuh ke kategori produk asuransi lainnya.

9 Komponen Pernyataan Misi

– Pelanggan. Siapa pelanggan anda? Bagaimana Anda menguntungkan mereka?
– Produk atau layanan. Apa produk atau layanan utama yang Anda tawarkan? Apa keunikan mereka?
– Pasar. Di pasar geografis mana Anda beroperasi?
– Teknologi. Apa teknologi dasar perusahaan?
– Perhatian untuk bertahan hidup. Apakah perusahaan berkomitmen terhadap pertumbuhan dan kesehatan finansial?
– Filsafat. Apa keyakinan dasar, nilai dan filosofi yang membimbing sebuah organisasi?
– Konsep diri. Apa kekuatan, kompetensi, atau keunggulan kompetitif perusahaan?
– Perhatian untuk citra publik. Apakah perusahaan bertanggung jawab secara sosial dan ramah lingkungan?
– Kepedulian untuk karyawan. Bagaimana perusahaan memperlakukan karyawannya?

Silakan jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk evaluasi pernyataan misi Anda.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s