​7 Ciri Khas Pengusaha Sosial yang Berjaya

Daftar ini lebih pada deskripsi singkat dan bukan tujuh kualitas tunggal, namun dengan beberapa penyelidikan lain, kami menganggap daftar ini adalah ringkasan yang adil.

1. Kreatif
Ciri pengusaha sosial yang paling menentukan adalah kemampuan unik mereka untuk membentuk solusi praktis yang menangani pasar yang tidak dilayani.

2. Cakap
Mereka dapat menggunakan apa yang ada dalam jangkauan mereka (entah itu modal, orang, koneksi, atau alat) dan memanfaatkan peluang terkecil sekalipun.

3. Tangguh/ Gigih
Kebanyakan pengusaha sosial tidak begitu saja mencoba gagasan pertama mereka, lalu mengalami kejayaan, tumbuh berkembang, dan tetap berpegang pada strategi mereka. Dalam prosesnya ada banyak orang yang meragukan mereka, banyak kendala untuk diatasi (kendala waktu, uang, tenaga manusia, dll), dan gangguan untuk diupayakan dengan ide inovatif mereka. Untuk berjaya, mereka tidak menyerah pada tanda pertama jalan kewirausahaan yang terjal. Mereka bersedia mengakui kegagalan dan membangun berlandaskan kesalahan-kesalahan itu.

4. Optimis
Memiliki sikap positif sejalan dengan ciri khas sebelumnya, tapi menurut kami perlu dibedakan. Seorang pengusaha sosial pada umumnya memiliki pandangan hidup yang optimis dan melihat tantangan sosial sebagai peluang untuk melakukan perubahan. Mereka memiliki kepercayaan terhadap gagasan dan kemungkinan untuk menciptakan perubahan positif dan dalam kapasitas bawaan setiap orang untuk berkontribusi secara berarti terhadap pembangunan ekonomi dan sosial.

5. Peduli
Sementara pengusaha biasa dengan ide baru akan terus berinovasi untuk meraih keunggulan dalam kompetisi dan meningkatkan keuntungan, pengusaha sosial cenderung berbagi kekayaan (kekayaan menjadi sarana perbaikan masyarakat).

6. Seimbang
Seorang pengusaha sosial yang berjaya tidak takut untuk melompat dan melakukan sesuatu, namun begitu mereka juga tahu kapan harus mengambil langkah mundur dan melakukan penelitian sedikit lebih banyak.

7. Melibatkan
Ini adalah aspek mendasar dalam deskripsi mereka tentang pengusaha sosial. Betapapun cemerlangnya, seorang pengusaha sosial mungkin tidak dapat mencapai tujuan mereka sepenuhnya pada kepentingannya sendiri. Sampai batas tertentu, dia harus bisa membawa orang lain ke papan atas dengan idenya. Melibatkan mungkin bukan kata yang tepat, namun, pengusaha sosial bukan hanya bisa mendapatkan orang-orang di timnya, tapi juga memotivasi mereka untuk berbuat lebih banyak, dapat didekati dan berpikiran terbuka terhadap umpan balik.

Apakah perlu seseorang memiliki semua (atau bahkan sebagian besar) kualitas ini agar dapat dianggap sebagai pengusaha sosial? Kami berpendapat tidak. Seseorang tidak perlu kreatif, banyak akal, tangguh, optimis, tidak egois, seimbang, dan melibatkan untuk menjadi pengusaha sosial.

Mempertunjukkan beberapa ciri ini akan sangat membantu, namun seseorang juga dapat memilih untuk aktif di organisasi nirlaba yang mencakup banyak kualitas wirausaha sosial ini. Ehem… di Madrasah Peradaban, kami memiliki tim berbakat yang membawa kombinasi yang berbeda dari ciri-ciri ini. Ketika dipadukan dan terorganisir dengan baik menjadi sebuah sinergi yang berdampak positif bagi masyarakat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s